Senin, 03 Oktober 2011

Ganyong Menjadi Makanan Jenis Umbi yang Paling Dicari di Kawasan Wisata Muria Colo

Wah, denger nama ganyong, udah pasti nggak asing lagi kan di telinga kita. Tanaman yang berjenis umbi ini banyak digemari orang, baik orang desa atau kota. Buat yang belum tahu, ini ada sedikit informasi tentang Ganyong.
Ganyong, mirip lengkuas ya...

Ganyong (Canna discolor L. syn. C. edulis, suku kana-kanaan atau Cannaceae) adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang cukup populer. Bentiknya sih, hampir-hampir sama seperti lengkuas gitu. Bedanya, bentuknya lebih besar dan bisa dimakan karena mengandung banyak karbohidrat. Namun kelestariannya diklaim semakin terancam karena tidak banyak orang yang menanam dan mengonsumsinya. Umbi ganyong mengandung pati, meskipun tidak sebanyak ubi jalar. Namun, ternyata justru sebaliknya untuk di daerah Muria. Tanaman jenis ini, sangat melimpah di daerah wisata bergenre pegunungan ini. Emang sih, pada kenyataannya umbi jenis ganyong ini lebih akrab dengan makanannya orang desa, he he he.... Tapi, jangan salah lho. Ganyong ini menjadi makanan yang paling dicari wisatawan. Ah, yang bener..... Buktikan aja. Sekali coba pasti langsung ketagihan. Rasanya manis dengan sensasi serat-serat yang lembut membuat wisatawan rela merogoh kocek nggak usah dalam-dalam alias murah banget. Nah, karena nilai jualnya inilah yang membuat tanaman ini secara massal tetap terjaga kelestariannya. Semua orang menanan di pekarangan-pekarangan rumah. Sayangnya, untuk di daerah Colo sendiri, penyajian produk dari ganyong masih standar aslinya, yaitu "ganyong rebus". Padahal, ganyong berpotensi besar menjadi jajanan turunan yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Misalnya keripik, roti, atau jajanan lain yang bahan bakunya dari ganyong.
Meski cuma ganyong rebus, justru itulah yang menjadi khasnya umbi ini. Jika ingin berwisata ke Colo Muria, pertama kali yang ada di otak kita pasti ada ganyongnya he he he.... (Ganyong emang ngangenin bangeeeeeet......). Bule aja suka. Biasanya si Pak le yang beliin. he he he...

Ganyong masih berkerabat dekat dengan kana hias. Berikut klasifikasi ilmiahnya yang tak ambil dari Wikipedia
Ganyong
Canna Edulis 2003072001 0014.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Zingiberales
Famili: Cannaceae
Genus: Canna
Spesies: C. discolor
Nama binomial
Canna discolor                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends