Selasa, 18 Oktober 2011

Mengatur Rutinitas Tidur Agar Lebih Mengesankan

 Jika kita harus bangun pagi-pagi dan langsung bekerja pada jam-jam itu, kita pasti akan beranggapan kalau itu cukup sulit untuk dijadikan rutinitas harian. Kita akan memberikan alasan bahwa kegiatan kita cukup menyita waktu untuk beristirahat. Rutinitas yang semakin padat di dunia modern tentu saja akan mengganggu istirahat kita. Tentu saja menjadikan waktu istirahat kita menjadi tidak nyaman, tidak berkesan, bahkan tidak ada manfaatnya sama sekali.
Lalu bagaimana cara kita untuk mengoptimalkan waktu istirahat dengan perencanaan sebagai rutinitas yang tidak menjadikannya sebuah beban? Sehingga waktu istirahat menjadi sebuah pengalaman yang bermanfaat secara spiritual dan memuaskan kita.

Tidur merupakan kegiatan yang wajib dikerjakan oleh setiap manusia. Namun. bagaimana cara membuat aktivitas tidur kita menjadi lebih nyaman, berkesan dan bermakna?Inilah cara agar tidur kita menjadi lebih mengesankan. Setidaknya ada 3 bagian penting yang harus kita kerjakan.
  
1. Sepertiga untuk Tuhan
   
2. Sepertiga untuk Diri Sendiri
   
3.
Sepertiga untuk Tidur Anda1. Sepertiga untuk Tuhan :
Hal ini kita mulai dengan berwudhu, menyikat gigi, memakai baju yang bagus, menyemprotkan parfum dan berdoa Tahajjud dan Witir karena Allah (Subhanahu Wa Ta'ala). Jika ini kita jadikan suatu rutinitas, tentu saja dengan keikhlasan. Sudah pasti akan membuat perasaan yang nyaman dan berserah diri dalam detik-detik menuju ke alam tidur. Harapan demi harapan muncul dengan optimisme karena kedekatan kita dengan Allah. Hmmm....suatu kenikmatan tersendiri dalam pengalaman spiritual kita.

2. Sepertiga untuk Diri Sendiri :
Ini adalah di mana saat kita mempersiapkan diri untuk tidur dengan mengenakan piyama kita, masuk ke tempat tidur dan membaca buku bacaan favorit, browsing internet kira-kira 30 menit. Mungkin dengan begitu, ide-ide menarik, remcana jitu dan proyek - proyek besar akan bermunculan di otak kita. Simpanlah beberapa catatan penting di note book kita sebagai peluru untuk merealisasikan ide-ide cemerlang itu. Biasanya ide-ide briliant muncul disaat-saat kita beranjak ke tempat tidur.

3. Sepertiga untuk Tidur Anda:Meski bagian ketiga adalah milik kita, namun nggak ada salahnya jika kita masih mengingat Allah dengan senantiasa berdzikir. Seperti halnya yang di lakukan oleh Rasulullah Muhammad, sebelum tidur hendaklah membaca doa
termasuk membaca Surah Al-Mulk dan Surat Al-Sajdah dan permohonan lainnya yang direkomendasikan sebelum tidur.
 Dengan begitu, rutinitas tidur kita menjadi nyaman dan tak jarang sampai terbawa mimpi yang indah dan mungkin saja itu akan berlaku di dunia nyata kita. Semoga.
Mungkin semua itu terasa sangat panjang. Namun, ada nilai lebih yang sangat nyata kita rasakan. Pengalaman spiritual berupa ketenangan batin dan manfaat langsung yang kita peroleh dalam keseharian kita menjadi sangat mengesankan.

Selamat mencoba dan have a nice dream... 

Sumber : I'm a Muslim & I'm Proud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends