Minggu, 16 Oktober 2011

UNESCO : Candi Borobudur dan Prambanan Segera Terhapus Sebagai Salah Satu Keajaiban Warisan Dunia

UNESCO ANCAM CABUT STATUS BOROBUDUR DAN PRAMBANAN :
Candi Borobudur
 
Lembaga PBB, UNESCO, mengancam akan mencabut status candi Borobudur maupun Prambanan di Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai salah satu warisan dunia terancam dicabut. Ini dipicu sikap pengunjung kedua candi yang tidak mau menjaga kelestarian, dan justru cenderung merusak, dan mengotori situs yang dibangun abad ke-7 dan ke-9 itu.

Direktur Pemasaran PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Agus H Canny, mengatakan adanya pengunjung membuang sampah dan buang air kecil, menutup gorong-gorong yang ada situs itu, bisa menjadi alasan UNESCO mencabut candi sebagai warisan dunia. (Huft...bingung deh, yang salah pengelola atau pengunjung). Kalau itu yang jadi masalah, harusnya pengelola dong yang harus bisa mengantisipasi segala macam kemungkinan. Tersedianya fasilitas umum yang layak, modern, ramah lingkungan, memperhatikan sanitasi, termasuk sanksi tegas kepada pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Kalau boleh usul lagi, tak ada aktifitas merokok sama sekali yang bener-bener 100 % no smoking area. Penghijaun di sekitar kompleks wisata juga perlu dicanangkan, untuk lebih memberikan efek purba. Jadi, suasana pada jaman Roro Jonggrang itu masih terasa gitu. (Tapi, kayaknya susah banget ngatur orang Indonesia)

Di samping itu, perilaku pengunjung yang sering duduk di batu candi atau bersandar di batu candi, juga sangat mengancam kelestarian. "Batu yang ada di candi berusia lebih dari 1.000 tahun dan sangat rentan rusak kalau diduduki. Jadi marilah sama-sama kita menjaga candi," ajaknya. (KF-v/kompas)
Waw, sungguh ironis jika hal itu bener-bener kejadian. Ditengah carut marutnya republik Indonesia yang kita sayangkan ini, satu per satu masalah bermunculan dan terus menumpuk satu sama lain tanpa ada kejelasan apakah berbagai masalah itu dapat segera teratasi atau tidak. Mulai dari korupsi uang negara, perhelatan negatif dengan negara tetangga Malaysia, kemiskinan, dan yang baru adalah tentang tindakan tegas UNESCO untuk mencabut status Candi Borobudur dan Candi Prambanan sebagai salah satu tujuh keajaiban warisan dunia. Huft....lama-lama capek juga beberapa dekade ini mendengar kabar-kabar buruk tentang Indonesia. Bangsa yang besar ini semakin lama makin meredup di telinga dunia internasional, dan semakin jelas terlihat kebobrokan republik ini. Sebagai rakyatnya, kita hanya bisa berusaha menjaga keutuhan segalanya yang ada di Indonesia. Tentu saja harus dilakukan secara bersama dalam satu visi dan misi. Pemerintah sebagai penyelenggara harus tampil arif bijaksana di depan. Jika pemimpinnya arif, rakyat pun akan mematuhi segala macam aturan dengan bijaksana. Gue, emang bener-bener udah rindu banget melihat Indonesia menjadi bangsa besar dan disegani dunia internasinal. (MIMPI KALI YE......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends