Selasa, 04 Oktober 2011

Nikmati Paket Wisata All in One di Gunung Muria

Wilayah gunung Muria yang sejak lahir mendapat anugerah sebagai zona wisata (natural), membuatnya sangat strategis untuk mengembangkan potensi wisata, baik berupa wisata alam maupun wisata buatan. Berikut ini adalah paket wisata yang bisa kita nikmati ketika sedang berkunjung ke Wahan wisata Gunung Muria.
1. Wahana Water Boom di Wisata Mulia
Salah satu wahana di WML
Lebih akrab disebut WML alias Wisata Mulia Lau, karena lokasinya memang berada di desa Lau Kecamatan Dawe. Merupakan salah satu paket wisata yang pertama kali bisa kita nikmati di kawasan Muria (Dari arah kota Kudus). Obyek ini baru berdiri tahun 2011 ini dan berpotensi sebagai obyek wisata yang menjanjikan. Di dalamnya terdapat berbagai macam wahana yang patut dicoba. Seperti kolam renang baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Ke depannya sangat memungkinkan untuk penmbahan fasilitas yang akan memanjakan liburan kamu.


2. Taman Seni Nasional Kajar
Taman Seni Nasional Kajar-Kudus


Obyek Wisata ini terletak di kawasan hutan Pinus, berjarak 3 km ke arah selatan dari obyek wisata Colo, tepatnya di desa Kajar Kecamatan Dawe Kudus. Atau kurang lebih 5 km dari Wahana Water Boom Lau. Kawasan Kajar lebih dikenal dengan sebutan Buper Kajar karena merupakan lokasi yang tepat untuk kegiatan camping dan hiking (perkemahan dan jelajah medan atau lintas alam), baik bagi pelajar, pramuka, maupun remaja pada umumnya






3. Taqim Art Studio
Salah satu view Taqim Art Studio


Sesuai namanya, Taqim Art Studio didirikan oleh seniman yang namanya sudah menasional, Bp. Mustaqim adalah sebuah galery yang berada di lereng Gunung Muria dengan pemandangan yang indah dan sejuk berupa hutan pinus hasil reboisasi, serta lahan yang ditata dengan apik oleh tangan-tangan seniman. Pemandangannya langsung dapat dilihat dari jalan raya. Di pinggir-pinggirnya nampak asri dan sejuk cocok untuk tempat bersantai. Sedangkan studionya merupakan studio penelitiaan dan pengembangan seni, agrobisnis, laboratorium Seni Nasional Bukit Kalpataru. Sanggar dan gallery seni milik seniman Mustaqim ini terletak ± 0,5 Km di sebelah utara dari Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar. Dalam jangka panjang,Taqim Arts Studio berupaya melibatkan masyarakat Desa Kajar untuk bersama-sama menjadikan Desa Kajar sebagai “Desa Seni”.


4. Makam Sunan Muria
Gapura Makam Sunan Muria


Merupakan zona wisata utama yang berada di kawasan gunung Muria, menemani zona wisata religi sejenis yaitu Makam Sunan Kudus yang berada sekitar 18 km di kota Kudus. Untuk menempuh lokasi makam itu ada beberapa pilihan tergantung minat. Bisa naik ojek atau berjalan kaki melewati lereng tangga. Sunan Muria yang memiliki nama asli Raden Umar said ini, terkenal sebagai salah satu wali yang masuk dalam daftar Wali Songo, termasuk di dalamnya ada Sunan Kudus.









5. Wisata Belanja Lereng Muria
Deretan zona belanja di gunung Muria


Wisata belanja ini dapat kamu nikmati di sepanjang lereng tangga dari atau menuju ke kompleks makam Sunan Muria. Kalau saya sarankan sih, belanjanya pas turun aja karena bisa lebih santai alias nggak repot membawanya. Segala macam oleh-oleh khas bisa kamu dapatkan di sini. Mulai dari pakaian, tas, aksesories, souvenir semacam kayu tolak tikus dan lain-lain semuanya ada, lengkap.
Selain itu, ada zona belanja lagi yang tak kalah menariknya, yaitu belanja buah-buah khas Muria. Ini dapat kamu temukan di kompleks pasar pisang Muria. Kenapa dinamakan pasar pisang??? Itu karena di pasar itu mayoritas menyajikan dagangan berupa pisang. Pisang yang paling terkenal adalah pisang tanduk atau pisang byar. Selain pisang, juga ada jeruk bali, parijoto, ganyong, dan talas. Semuanya khas daerah Colo Muria.

6. Wisata Kuliner
Salah satu sudut Waroeng Keboen Iboe


Ada beberapa tempat kuliner modern yang disajikan dengan berbagai macam konsep. Misalnya, di Waroeng Keboen Ibu yang mengambil konsep Plantation. Lokasinya berada di dekat kompleks Taman Seni Nasional persis di depan area Taqim Art Studio. Selain itu ada juga Kolam Pemancingan Sekawan, Sesuai namanya, restoran ini berkonsep alam dengan tambahan hiburan memancing. Lokasinya berada di 500 km ke utara dari Hotel Graha Muria. Nggak kalah menariknya di Resto Kampung Daun, masih sama dengan konsep plantation-nya tetapi ada satu yang menarik yaitu ada sewa tempat untuk mengadakan even-even seperti music club. Pun begitu, banyak juga kuliner-kuliner yang berdiri secara tradisional dengan menu-menu yang tak kalah nikmatnya. Ayam Bakar Mak Sul adalah salah satu pilihannya. Berada tepat di depan pasar pisang. Warung-warung seperti Warung Pak Yat, Warung Jaya, Depot Jamu Dipo, Warung Barokah, Warung manunggal dan masih banyak lagi, semuanya berada di kompleks Parkir Bus. Boleh di coba. Tentu saja pecel pakis jadi menu andalan secara memang khasnya daerah Colo. Oh, iya lupa. Ada satu lagi yang khas yaitu pentol Muria. Ada yang pernah coba??? Pasti dijamin ketagihan. Sayangnya nggak ada pangkalan khusus karena cara dagangnya berkliling pakai motor.

7. Air Terjun Montel
Air terjun Montel


Obyek wisata air terjun montel terletak di sebelah utara Makam Sunan Muria. Untuk menuju lokasi kira-kira 1,5 km dari Hotel Graha Muria Colo dapat dicapai dengan jalan kaki melalui jalan setapak melewati perkebunan kopi. Kita dapat menikmati suara gemericik air yang jatuh di atas bebatuan dan kicauan burung yang merdu. Selain itu, sensasi dingin di kulit kita begitu terasa seperti dihujani hujan es. Air terjun montel yang memiliki ketinggian sekitar 50 m ini dikelola dengan apik oleh Taqim Art Studio. Jalan sengaja dikondisikan berundak-undak agar tidak bisa dilalui kendaraan. Ini, dimaksudkan agar kondisi alam tetap terjaga bebas dari polusi udara.




8. Air 3 Rasa Rejenu
Air 3 Rasa Rejenu


Berada di desa Japan sekitar 3km dari Hotel Graha Muria Colo. Selain Makam wali Syeh Sadhly, rejenu menjadi terkenal karena adanya 3 mata air yang saling berdekatan namun memiliki perbedaan rasa diantaranya berasa asam, tawar seperti soda, dan rasa seperti arak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends