Jumat, 11 Februari 2011

Ternyata Ular Punya Kaki

Wow....aneh! Ternyata telah ditemukan ular yang berkaki oleh para peneliti. Tapi jangan heran dulu, ular berkaki tidak ditemukan hidup pada era sekarang ini. Yang ada hanyalah sebuah dongeng Naga, yaitu ular yang berkaki. Namun, dongeng ular berkaki itu tidak hanya dongeng belaka karena para peneliti telah menemukan fosil ular yang berkaki. Penelitian tersebut terungkap bahwa ada dua tulang kecil yang yang berhubungan dengan tulang pinggul hewan tersebut.

Dari LiveScience 10 Februari 201, fosil yang ditemukan di Libanon tersebut berasal dari zaman sebelum ular tersebut bermutasi. Rekontruksi tiga dimensi pun akan segera dimulai untuk membantu para peneliti dalam memahami evolusi ular tersebut.

penemuan ini juga menjadi perdebatan dikalangan paleontologyst yaitu apakah nenek moyang ular berkaki itu merupakan kadal yang berenang di air atau kadal yang melata di darat.

Ular yang panjangnya 19 inci (sekitar 50 cm) ini merupakan Eupodophis descouensi,merupakan satu dari tiga fosil ular yang pernah ditemukan memiliki kaki

Penelitian tersebut menggunakan teknik synchroton-radiation computed laminography atau sejenis pemindaian CT scan. Teknik ini menggunakan sinar X untuk menggambarkan struktur internal dari sebuah objek. Dari hasil pemindaian tersebut, terlihat kaki yang tersembunyi di dalam batu itu bertekuk di bagian lutut. Akan tetapi, tidak memiliki telapak dan tulang jari. Meski diketahui strukturnya pun begitu belum dapat dipastikan ular ini termasuk hewan darat atau hewan air. Masih harus melakukan banyak penelitian untuk mengungkap hewan yang diperkirakan hidup 95 juta tahun yang lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends