Jumat, 11 Februari 2011

Khasiat Kerang

Kerang adalah jenis moluska yang mempunyai nama latin Anadara granosa. Pun begitu kerang tidak bisa dijelaskan dalm satu pengetian karena banyak sekali jenis kerang. Kebanyakan orang menyebut kerang-kerangan. Kerang yang sudah umum kita konsumsi ternyata sudah menjadi makanan purba yang sudah ada sejak zaman dahulu. Terutama bagi warga yang bertempat tinggal di daerah pesisir. Bahkan masyarakat China ribuan tahun yang lalu telah mempercayai bahwa kerang termasuk jenis makanan Afrodisiak yaitu makanan yang dapat membangkitkan gairah seks.

Dalam daging kerang mengandung mineral berupa zat besi dan zinc serta vitamin B12. Zat besi berguna untuk meningkatkan transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Sementara zinc merupakan zat yang dapat merangsang metabolisme tubuh. Zinc berperan dalam mengatur kesuburan, pertumbuhan sel, DNA dan sintesis protein, metabolisme energi, dan menjaga tingkat hormon. Dan baru-baru ini, zinc telah terbukti memainkan peranan penting dalam kesehatan prostat terutama membantu menjaga kadar testosteron tetap sehat.Kerang juga mengandung albumin yang dapat meningkatkan kadar albumim dalam darah.
Ini membuktikan bahwa jika mengkonsumsi kerang jelas sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun tak dapat dipungkiri ada sebagian orang yang alergi setelah mengkonsumsi kerang, atau jenis ikan laut lainnya. Jadi, atur porsi makannya agar tetap dapat mengkonsumsi kerang tanpa efek samping yang berlebihan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends