Senin, 07 Februari 2011

Cara Membuat Blog di Blogspot

Blog? Apaan sich?
Kalian sudah pasti tahu kan soal blog. Kita sering menyebutnya dengan istilah blogging. Orang yang beraktifitas dengan blog disebut blogger. Blog sendiri adalah singkatan dari kata Web Log yaitu salah satu aplikasi web berupa tulisan yang umumnya berisi artikel umum, berita, cerita, bisnis, bahkan bisa berupa curhatan pribadi para blogger. Tulisan-tulisan yang diposting atau dipublikasikan biasanya membentuk daftar list secara urut dari yang terbaru sampai postingan terlama.
Tampilan blog telah dibuat oleh designer dan kita tinggal memilih rancangan yang cocok dengan kriteria kita.Tentu saja untuk memudahkan kita untuk mengatur blog yang telah kita buat.

Cara membuat blog di Blogspot
Blogspot yang merupakan produk dari www.blogger.com adalah salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini. Selain blogspot kita juga mengenal penyedia lain semisal wordprees. Namun dari banyak penyedia, blogspot dirasa lebih mudah mengoperasikannya. Jadi, sebagai pemula sangat cocok untuk mengikuti blogspot. Berikut langkah-langkah untuk bisa ngeblog di blogspot.

1. Membuat E-Mail
E- mail adalah syarat utama untuk mendaftar di blogspot. Saya sarankan untuk menggunakan alamat e-mail gmail karena blogger adalah salah satu layanan Google. Cara mendapatkan e-mail bisa mendaftar di sini.

2. Daftar di Blogger
                Buka situs www.blogger.com maka akan muncul halaman pendaftaran. Pilih bahasa yang mempermudah pemahaman kamu untuk mengikuti langkah-langkah registrasi. Letak pengaturan bahasa lihat di sebelah kanan atas. Silahkan login dengan mengisi kolom username dan password sesuai dengan akun google kamu yaitu alamat e-mail yang telah kamu buat.
Kemudian akan muncul halaman baru. Lalu klik tombol yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA. Akan muncul halaman baru seperti sebuah formulir pendaftaran. Isikan data-data yang diminta. Penulisan alamat blog mungkin terjadi pemberitahuan bahwa alamat yang kamu pilih invalid atau sudah terdaftar. Cek ketersediaan untuk melihat apakah alamat yang kamu pilih sudah terdaftar atau belum.  Setelah selesai kemudian klik ikon LANJUTKAN dan akan muncul halaman untuk memilih template yang kamu sukai. Template bisa berarti tema kalau dalam aplikasi ponsel. Jadi, kamu bisa mengganti template yang lain kapan saja kamu inginkan. Kemudian klik ikon LANJUTKAN. Maka akan muncul tulisan “Blog Anda Sudah Jadi”.
Silahkan memulai aktifitas blogging dengan klik ikon MULAI BLOGGING. Sebaiknya langsung masuk di pos editor dan mengisi apa saja yang diminta lalu segera membuat posting agar blogger tidak mengunci blog kamu dalam robot anti spam.
Nah, akun blogger kamu sudah jadi. Postingkan tulisan kamu biar bisa diakses dimana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends