Rabu, 02 Februari 2011

Cara Menghadapi Gempa

Gempa bumi, sudah menjadi tren bencana alam yang terus menghantui manusia di Indonesia. Beberapa kali gempa mengguncang negara kita dan merenggut banyak korban. Mungkin baru kita sadari bahwa posisi negara kita berada di ring fire area atau area cincin api berupa deretan gunung berapi aktif dan lempengan bumi yang menggaris di sepanjang pantai samudera Hindia. Inilah penyebab utama yang berpotensi memicu gempa terjadi. Ini tidak bisa kita anggap remeh.
Kita tidak tahu kapan gempa bumi itu terjadi. Untuk itu sepatutnya kita lah yang harus meningkatkan kewaspadaan untuk kemungkinan menghadapi gempa.
Berikut tips menghadapi gempa dari www.geology.com :
1.       Tidak ada salahnya jika Anda mengikuti simulasi bencana gempa. Anda sedikit tahu apa yang Anda dan keluarga Anda harus lakukan ketika terjadi gempa. Rasa kepanikan akan jauh lebih terkontrol dibandingkan dengan yang tidak mengikuti simulasi semacam ini.
2.       Pastikan Anda sekeluarga sudah mengenali kondisi di rumah Anda. Di sela-sela gempa Anda masih dapat berfikir dimana tempat yang paling aman untuk berlindung. Desain dan lokasi pintu keluar rumah yang mudah menjadi salah satu tips yang realistis.
3.       Saat terjadi gempa Anda sedang tidur terlelap, membuat Anda menjadi kehilangan kewaspadaan. Potensi rumah beton cenderung berpotensi memakan korban dibanding dengan rumah yang ringan. Desain rumah di area yang sangat berpotensi gempa menjadi pertimbangan yang penting.
4.       Persiapkan suplai darurat. Misalnya bahan makanan, senter yang telah di cas dengan ekstra batere, obat-obatan P3K, ponsel, serta alat-alat memasak non listrik.
5.       Pikirkan keefektifan penempatan benda-benda berat. Misalnya kulkas, dispenser, lukisan, lemari, rak buku dan sebagainya. Kalau perlu benda-benda berat yang mudah bergeser sebaiknya ditanam di tembok atau di lantai.
6.       Benda yang mudah terbakar sebaiknya dibuatkan tempat yang seaman mungkin. Ini diharapkan untuk menghindari bencana turunan setelah gempa terjadi. Misalnya, ledakan gas dan kebakaran.
7.       Sebagai tambahan, pembuatan bunker bawah tanah yang cepat mengakses keluar rumah juga patut difikirkan.
Demikian beberapa tips yang dapat Anda petik untuk menghadapi gempa bumi. Pun begitu, kita harus tetap berdoa agar tidak dihadapkan dengan gempa bumi. Kalaupun Tuhan menghendaki, semoga kita tetap diberi keselamatan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends