Jumat, 07 Januari 2011

TIPS MERAWAT BUKU

Punya banyak koleksi buku tapi malas membuka buka buku? Bahkan melihat saja males karena harus membongkar-bongkar dan mencari-cari buku yang kita butuhkan, kecuali dalam situasi terpaksa. Yang jadi malah membuat buku cepat rusak gara-gara sering diambil paksa. Ehm....mesti ada perubahan tuch. Coba dech simak tips berikut ini :






1. Tempat buku adalah hal yang terpenting. Gumakan rak buku yang yang berdesain terbuka agar ada sirkulasi udara yang keluar masuk sehingga kondisi buku tidak lembab. Gunakan material kayu, plastik, atau besi yang di lapisi cat. Besi yang tidak bercat lama lama akan berkarat dan buku anda akan ternoda oleh korosi karat.


2. Usahakan letak buku tidak berdekatan dengan lantai, atau tembok. Artinya tempat buku jangan di bagian paling bawah lemari atau berdekatan debgan tembok. Selain menjaga buku tetap terlihat pandangan, juga menjaga buku dari kelembaban. Lantai dan tembok biasanya rentan lembab. Pilihlah tempat yang memungkinkan buku enak dilihat dan mudah dijangkau. Pilihan bisa di bagian tengah atau atas.

3. Posisi buku sebaiknya berdiri dan berjajar ke samping. Posisi ini memungkinkan udara masuk ke sela-sela buku lewat celah lembaran. Jika posisi buku bertumpuk dikhawatirkan udara tidak bisa masuk dan mempercepat kelembaban.

4. Gantungi atau taburlah pengharum ruangan/kamper di sela-sela buku atau di pojok-pojok lemari. Fungsi kamper untuk mengusir ngengat kutu buku dan mengurangi bau tak sedap.

5. Lakukan rotasi posisi buku setiap dua pekan sekali. Jika memungkinkan keluarkanlah buku-buku dari lemari dan letakan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab.

6. Tak ada salahnya memberi lampu khusus dalam lemari buku hingga buku mendapat cahaya yang cukup. Sinar lampu menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku.

7. Cara paling aman adalah membungkus buku dalam kemasan plastik dan ditaburi kamper. Bungkus kembali setelah dipakai.

8. Khusus Al Quran, hendaknya sering2 lah membacanya secara otomatis selain dapat pahala membaca juga dapat pahala menjaganya.

9. Klasifikasikan jenis buku. Buatlah daftar nama buku dan letaknya. Bisa urut menurut abjad judul buku atau jenis materi isi buku tersebut.

Yups…demikian sekelumit tips yang dapat kamu jadikan referensi untuk menjaga keutuhan buku-buku favorit kamu. Selamat mencoba…! Jangan berhenti untuk membaca...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends