Minggu, 07 Agustus 2011

Tips Biar Puasa Ramadhan Gak Cepet Lemes

Gak kerasa ya udah puasa Ramadhan lagi. Perasaan baru kemarin dech.. Hmm...patutnya kita merasa senang bulan yang full berkah ini bisa cepet dateng lagi. Ini juga berarti tiba saatnya keimanan kita kembali di uji oleh Allah SWT. Nah, kita sendiri yang bisa menilai keimanan kita. Sudahkah kita ikhlas dalam menjalankan syariat Islam dengan  mengharap ridlo Allah? Salah satunya yaitu menunaikan perintah untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib ditunaikan. Tidak ada tawar menawar untuk tidak menunaikannya. Kecuali ada uzur yang bisa dipertanggungjawabkan, misalnya sakit parah. Jadi, yuk kita puasa.
Puasa. Memang terkesan menakutkan karena berpuasa berarti sengaja berlapar-lapar ria, dan berbagai macam alasan yang macem2 deh pokoknya. Hehehe.... itu sich kata adik gue yang masih umur 6 tahun. Pun begitu, masih juga di antara kita yang udah kelihatan banget berumur baligh masiiiiih aja takut dengan yang namanya puasa. Buktinya masih banyak kaaaan di antara kita yang dengan sengaja meninggalkan puasa dengan beraneka ragam alasan. Misalnya bekerja berat, sakit maag, de el el dech. Parahnya kalo gak puasa tapi bangga. Na'udzubillah. Berpuasa memang membuat tubuh kita jadi lemas. Tetapi itu anggapan orang yang belum siap menjalankan puasa. Kenapa belum siap? Itu karena tidak ada niat. Coba ada niat yang tulus. "Besok aku akan puasa wajib karena Allah". Begitu kira2. Nah, kalo udah ada niat, secara otomatis kita akan lebih siap untuk berpuasa karena sudah memiliki bekal rohani. Berikutnya adalah mempersiapkan bekal lahiriyah. Yaitu bekal2 yang menyangkut kondisi fisik kita. Kita harus pandai2 menyiasati kondisi fisik kita. Saat berpuasa tubuh kita menjadi cepat lemas karena saat tidak ada asupan makanan masuk dalam tubuh, tubuh akan menyerap cadangan energi dari dalam tubuh kita sendiri yaitu dari gula darah dan lemak. Sederhananya sich gitu. Tapi pada dasarnya sich, saat kita berpuasa, kebutuhan nutrisi kita gak berkurang kok. Itu karena puasa Ramadhan sebenarnya hanya memindahkan waktu makan saja. Waktu sarapan digeser sebelum waktu subuh, makan siang digeser pada waktu maghrib dan makan malam sehabis terawih. Bedanya kita gak bisa minum atau ngemil di siang hari kali ya. Pada siang hari saat kita melakukan aktifitas adalah saat2 yang menguras energi. Jadi, kita juga yang harus pandai2 mengatur aktivitas.
Berikut tips2 biar puasa agar kita gak cepet lemes, sesuai dengan pengalaman yang aku lakuin :
1.  Paling utama adalah niat berpuasa.
2. Jalani aktivitas seperti biasa dengan wajar.
3. Tetap memperhatikan asupan makanan yang seimbang sesuai kebutuhan energi kita.
4. Tidur-tiduran justru membuat kita semakin terasa lemas karena tubuh menjadi malas untuk digerakkan.
5. Mengurangi aktivitas yang menguras cairan.
6. Saat sahur, hendaknya tidak berlebihan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Ini justru akan meningkatkan gula darah naik dan turun secara drastis dan akibatnya akan membuat tubuh kita menjadi cepat lemas dan mengantuk.
7. Usahakan tetap menjalankan anjuran minum air putih 8 gelas sehari.

Nah, buat kalian yang akan menjalankan ibadah yang penuh berkah ini, bisa dicoba tips di atas, terutama bagi para pemula. Selamat Menunaikan ibadah puasa ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends