Jumat, 26 Oktober 2012

Wow, Uang Rp. 1.000 Bakal Segera Jadi Rp. 1


Saking keenakan berselancar di detik.com, nggak sengaja gue nemuin berita yang sempet santer terdengar beberapa tahun yang lalu. Yaitu tentang rencana BI melakukan redenominasi mata uang kita, Rupiah, dengan menghilangkan 3 digit angka nol di belakang. Itu berarti uang Rp. 1.000 akan menjadi Rp. 1, uang Rp. 5.000 menjadi Rp. 5, dan seterusnya.
Menurut Gubernur Bank Indonesia sih optimis penyederhanaan ini akan segera menjadi kenyataan. Cita-cita membuat nilai rupiah ini akan terealisasi. Bos BI, yaitu pak Darmin mengaku sudah mempersiapkan semua naskah akademis termasuk strategisnya. Namun Darmin tetap menggarisbawahi bahwa proses eksekusi ini tetap membutuhkan waktu panjang.
Wah, jika ini memang jadi kenyataan maka kita tidak akan lagi melihat kurs mata uang kita terhadap dolar USA terpaut juauuuuh sekali. Biasanya kita selalu melihat update kurs mata uang Rupiah terhadap dollar USA berada di kisaran rata-rata Rp. 9.500 per 1 dolar USA. Kasarnya sih Rp. 10.000 per dolar. Nah, jika nantinya 1000 rupiah menjadi 1 rupiah, maka kurs mata uang kita terhadap dolar amerika hanya terpaut sedikit saja yaitu hanya 10 rupiah per dollar Amerika. Hmm...nilainya kelihatan semakin berharga kan? Apalagi kalau disejajarkan dengan mata uang negara lain. Penyederhanaan ini bukan berarti mengurangi nilai mata uang kita bro. Artinya, jika kita membeli permen Rp. 1.000 dapat 10 buah, maka sama saja ketika kita membelinya dengan uang Rp.1 bakal tetap dapat 10 permen.
Kayaknya seru tuch, kita tunggu saja realisasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends