Sabtu, 13 Oktober 2012

Mobil Listrik Tercepat Di Dunia, Buatan Indonesia Masuk?

Tren mobil ramah lingkungan semakin menggeliat. Bukan lagi mobil berbahan bakar gas atau bio etanol saja yang meramaikan dunia otomotif, saat ini geliat mobil listrik pun semakin diminati. Tak lama lagi, mobil listrik akan menjadi konsumsi umum. Bahkan Indonesia sendiri sudah mengikuti tren itu melalui pemikiran menteri BUMN kita, pak Dahlan Iskan dengan membuat sendiri mobil nasional bertenaga listrik ini. Terus, bagaimana performa mobil listri buatan Indonesia?
Sebelumnya kita lihat dulu jajaran mobil listrik dunia  yang sudah lebih dulu tercipta. Mobil-mobil listrik itu diklaim sebagai yang tercepat di dunia. Nah, bagaimana dengan Indonesia? Cek dulu list berikut ini :

1. Tesla Model S


Ini dia mobil listrik asal negeri paman Sam yakni Tesla Model S. Model S dengan baterai berkekuatan 85 kWh (varian paling mewah) memiliki kecepatan maksimum 130 mil per jam atau sekitar 209 km per jam.

Dari 0-100 km per jam mobil ini sanggup melakukannya dalam 4,4 detik saja.

Motor listrik Model S memiliki tenaga sampai 416 hp pada 5.000-8.600 Rpm sedangkan torsinya setara dengan 600 Nm.

2. Nemesis


Inggris juga pamer gigi. Akhir September lalu, sebuah mobil Lotus Exige yang sudah diamputasi mesin BBM-nya kemudian diganti menjadi motor listrik memecahkan rekor kecepatan sampai 239 km per jam.

Mobil yang dinamai Nemesis itu seperti menurut BBC, telah memecahkan rekor mobil listrik tercepat di Inggris saat uji coba di bandara Elvington, Inggris.
Mobil tersebut didesain dan dibangun oleh insinyur Inggris, Norfolk, dan dikendarai oleh Nick Ponting.

3. Nissan LEAF


Mobil listrik yang sudah diproduksi massal oleh pabrikan Jepang ini memiliki kecepatan maksimum 145-150 km per jam.

Nissan LEAF merupakan kendaraan berkapasitas 5 penumpang, didukung dengan motor listrik yang sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 80 kW atau setara dengan 107hp.

Untuk akselerasi, Nissan LEAF bisa menembus angka di bawah 10 detik dari diam hingga 100 km/jam.

Kecepatan itu diperoleh dari motor listrik AC Synchronous berkapasitas 80 kW

4. Toyota eQ


Mobil listrik yang akan mulai dijual ke pasaran pada 2015 ini mendapatkan daya dari baterai lithium-ion dengan kapasitas baterai hanya 12 kWh.

Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi penuh baterai dengan tegangan 200 AC. Ada mode pengisian cepat, yaitu menggunakan listrik DC. Hanya dibutuhkan waktu 15 menit untuk menigisi hingga 80 persen.

Mobil eQ diklaim sebagai mobil listrik yang sangat irit konsumsi energinya yaitu 104 kWh/km. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ini bisa berjalan hingga 100 km. Sedangkan kecepatan maksimalnya mencapai 125 km/jam.

5. Eliica EV






Eliica EV adalah sebuah mobil super listrik yag dirancang oleh seorang profesor asal Jepang bernama Hiroshi Shimizu dan dikatakan mampu melawan supercar bermesin bensin yang saat ini ada.

Mobil ini memiliki delapan buah motor listrik yang masing-masing bertenaga 80 hp yang dipasang di keempat kakinya. Dengan begitu, total tenaga mobil ini pun mencapai angka 640 hp.

Dengan kekuatan sebesar itu, Eliica EV mampu mencapai kecepatan 370 km/jam dengan waktu isi ulang tenaga 10 jam.

6. Bristol EV



Bristol dilaporkan mengembangkan supercar listrik ini bekerja sama dengan Proton. Supercar tersebut akan didukung oleh empat motor listrik dipisahkan menjadi dua powertrain.

Dengan konsep dua powertrain tersebut, pengguna mobil Bristol ini tidak akan ketakutan kehabisan tenaga di tengah jalan karena mobil ini bisa dibilang seperti dua buah mobil yang menjadi satu. Ketika tenaga di powertrain satu habis, maka tugas menggerakkan mobil pindah ke powertrain lain.

Sementara untuk kecepatannya, supercar listrik yang paling cepat akan muncul di tahun 2013 ini dikatakan akan mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 321,86 km/jam.

7. Rimac Consept One


 Rimac Concept One adalah salah satu hal terindah yang pernah diciptakan oleh negara Kroasia. Bukan apa-apa, selain memiliki tubuh eksotis, Rimac Concept One juga memiliki tenaga yang gila.

Mobil ini mampu menciptakan akselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 2,8 detik saja. Sebuah angka yang sulit dicapai oleh mobil Ferrari maupun Lamborghini standar sekalipun.

Kekuatan 1.100 hp terkandung di mobil ini yang mampu membuatnya berlari dengan kecepatan 305,7 km/jam dengan jarak jelajah 600 km.

Namun, mobil ini hanya diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas yakni hanya 90 unit dengan harga satuan mencapai $ 1 juta.

8. Shelby SuperCar Aero EV


 Shelby SuperCar Aero EV ini dikatakan memiliki motor listrik yang berkekuatan 1.200 hp. Dengan kekuatan sebesar itu, kecepatan 335 km/jam akan mudah dicapai.

Tapi, jarak jelajah mobil ini diakui hanya antara 241,4-321,8 km saja. Hanya saja, baterai teknologi terbaru yang dimilikinya mampu membuat Shelby SuperCar Aero EV mengisi penuh tenaga baterainya hanya dalam 10 menit saja.

9. Ferrari Listrik



Pencipta mobil listrik pesanan Dahlan Iskan, Danet Suryatama, mengklaim kalau mobil buatannya itu bakal sanggup menempuh kecepatan 240 km per jam. Jika itu benar-benar terbukti, maka mobil Dahlan Iskan masuk ke daftar mobil listrik tercepat di dunia!

"Ini kecepatannya 240 km/jam dengan jangkauan 300 km sekali charge," ujar Danet.

Masuk tidaknya mobil listrik Indonesia masuk dalam jajaran mobil listrik tercepat di duniamasih harus menunggu uji coba dulu. Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends