Rabu, 28 Desember 2011

Bangunan Kolosal dan Kontemporer Terindah Di Dunia

Kalo ngomongin soal gedung terindah di dunia, pastinya banyak banget yang memiliki kriteria masing-masing. Gaya arsitektur kontemporer saat ini maupun masa lampau cukup membuat kita geleng-geleng kepala karena takjub melihat keindahannya bahkan sulit membayangkan gimana cara membangunnya. Di dunia paling ngak terdapat 50 besar gedung terindah di dunia. Namun berikut adalah 10 gedung yang dinyatakan sebagai gedung terindah di dunia.

1. Museo Guggenheim, Spain
Image by aherrero
 Sekilas, gedung ini nampak seperti plat-plat kaleng minuman soda yang dibuka dan dibuat lekukan.Banguna ini sangat mencolok dilihat dari segi arsitekturnya yang sangat modern. Dibuka pada tahun 1997 di kota Bilbao, Spanyol. Ini merupakan museum seni yang dibuat oleh Frank Gehry yang seluruh permukaan gedung terbuat dari lapisan titanium yang saling berhubungan satu sama lainnya.

2. Potala Palace, Tibet 
Image by watchsmart
 Gedung ini bertengger di atas kota suci Lhasa yang merupakan kediaman mantan pemerintah Tibet. Gedung ini juga merupakan kediaman Dalai Lama saat musim dingin. Kontruksi bangunan mencapai 13 lantai dan terdapat ribuan kamar. Penataannya mirip candi Budha, mempekerjakan sekitar 7000 orang pada abad k e-7. Ini juga menjadi salah satu daftar warisan dunia UNESCO


3.  Bibliotheca Alexandrina, Egypt
Image by alexandra_de_grote
Selain Piramida Kuno,   Bibliotheca Alexandrina merupakan banguna terindah yang dimiliki Mesir di era awal milenium. Banguna ini dibuka tahun 2002 dan merupakan perpustakaan yang dibangun di tepi pantai menduplikasi perpustakaan klasik terbesar di abad ke-3 masehi yaitu perpustakaan Alexandrina asli. Desain bangunan miring mewakili matahari terbit. Luasnya bisa menampung 8 juta buku.


4.  Sagrada Família, Spain
Image by photographerglen
Diklaim menjadi bangunan gereja yang paling luar biasa di planet ini, berasal dari buah pikiran seorang desainer paling eksentrik dalam sejarah: Antoni Gaudí. Dengan menara runcing seperti lengan gurita  yang diluruskan, pembangunan Sagrada Familia dimulai pada tahun 1882, meskipun visi Gaudí saat itu begitu rumit yang ingin menampilkan tiga bagian depan gedung dan 18 menara, yang tertinggi dari mereka (170m) mewakili Yesus Kristus. Rencana untuk membuati ikon Barcelona diperkirakan selesai pada 2026, tepat di  ulang tahun ke-100 kematian Gaudí.


5.  Taj Mahal, India
Image by gustaffo89
Taj Mahal belum kehilangan kharismanya sebagai salah satu keajaiban dunia. Keindahan bangunannya juga menjadikannya sebagia banguna terindah di dunia. Cerita soal pembangunan Taj Mahal ini, sudah pasti hafal di otak kita yaitu sebagai persembahan Raja Syah Jehan kepada istrinya yang meninggal sebagai monumen kenangan.


6. Imam Mosque, Iran
Image by Laura and Fulvio’s photos
Merupakan sebuah masjid dengan arsitektur menakjubkan di abad ke-17. Dinding-dindingnya dilapisi dengan ubin keramik kelas tinggi Esfahan berwarna biru dan kuning. Saat terkena cahaya akan sangat berkilauan menunjukkan kebesaran dan kemegahannya.


7.  Aya Sofya, Turkey
Image by Sev!
Aya Sofya adalah simbol arsitektur besar yang terdapat di jantung kota Istanbul, dengan empat menara dengan posisi seperti roket bulan yang terikat dan siap meluncur. Dibangun pada abad 6 sebagai sebuah gereja Ortodoks, kemudian menjadi masjid setelah Islam berkuasa. Namun sejak 1935 masjid ini dijadikan  museum. Struktur yang besar dibangun hanya dalam waktu lima tahun saja, dan dinding musk nya yang diatapi oleh kubah megah, 31m lebar dan tinggi 56m. Dasar kubah ini dikelilingi oleh jendela, sehingga kubah tampaknya hampir melayang-layang di atas ethereally gedung.

Sumber : lonelyplanet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends