Senin, 19 September 2011

Jangan Takut Minum Jamu Dijaman Facebook dan Twitter

Jamu gendong

Jamu sekarang memang sudah nggak se-populer seperti di generasi sebelum kita (terutama generasi cewek). Banyak yang gengsi karena terkesan jadul banget hari gini masih minum obat tradisional.  Dijaman Facebook dan Twitter masih aja ngandalin jamu? But, eits don’t judge jamu by it’s reputation. Minum jamu banyak khasiatnya, loh. Ayo-ayo tanya yang banyak! 
Jamu tuh apaan sih?? Jamu itu merupakan obat tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami. Biasanya dibuat dari bagian-bagian tumbuhan, kayak akar dan daun. Ada juga yang terbuat dari tubuh hewan, seperti empedu kambing dan tangkur buaya. Ups… kok serem sih. Berarti rasanya nggak enak dong… Yah namanya juga obat. Mana ada yang enak hahaha. Tapi biarpun rasanya aneh, jamu punya banyak manfaat loh… bisa meningkatkan vitalitas badan dan bisa juga nyembuhin penyakit. Penyakit? Penyakitnya apa aja? Banyak… mulai dari yang ringan kayak pusing dan pegal-pegal sampai yang berat kayak jantung dan ginjal. Karena terbuat dari bahan alami, jamu tuh aman dikonsumsi setiap hari. Nggak ada efek sampingnya.Nggak doyan jamu, ya gara-gara eneg karena rasanya pahit? Tenang aja, kan kita bisa nyampurin beberapa bahan tambahan supaya rasanya nggak aneh lagi. Kita bisa nambahin madu biar manis, kita juga bisa nambahin jeruk nipis. Lagian, demi kesehatan masa nggak mau berkorban dikit sih. Terus… terus, penting nggak sih minum jamu tiap hari? Penting juga sih. Karena jamu bisa menjaga kesehatan kita. Ada beberapa jenis jamu yang memang dibuat untuk menyembuhkan. Tapi banyak juga yang diracik untuk dikonsumsi setiap hari. Biar badan senantiasa sehat sentausa! Selain untuk menjaga kesehatan? minum jamu itu berarti melestarikan budaya loh… soalnya, jamu kan tradisional banget. Nggak percaya, coba saja lihat mbok-mbok penjual jamu gendong yang suka keliling, pakai kebaya dan selendang. Coba cari di Hong Kong, nggak bakalan ada deh he he… 
Racikan jamu
Eh, jamu itu bukannya untuk orang tua dan ibu hamil saja ya? Siapa bilang, buat kita nih, terutama buat remaja cewek yang sedang dalam masa pertumbuhan, tjie… jamu tuh bagus banget loh. Bisa menjaga kelangsingan badan, bisa menghilangkan bau tak sedap, bikin kulit halus dan kencang, bercahaya dan sehat selalu. Tapi… kayaknya gimana gitu ya… masa hari gini masih minum jamu. Kan banyak obat modern yang nggak ribet kayak minum jamu. Memang sih, jamu tuh rada ribet, tapi nggak usah malu loh minum jamu. Bahkan kalau perlu, kita ajakkin teman-teman kita untuk nongkrong di warung jamu. Sambil ngobrol minum jamu gitu loh. Daripada nongkrong sambil minum kopi. Kan kebanyakan kopi nggak bagus buat kesehatan. Obat modern juga nggak boleh dikonsumsi sering-sering, soalnya terbuat dari bahan kimia dan ada efek sampingnya. Beda sama jamu. Oh gitu ya… hmm… patut dicoba nih. Memang khasiatnya apa saja sih? Macam-macam.  Ada beberapa jenis jamu yang sering banget kita temuin :

1.
Beras KencurJamu yang satu ini ngetop banget deh. Katanya bisa bikin badan subur, soalnya kan kencur memang bisa nambah nafsu makan, jadi makan melulu deh. Selain itu, jamu beras kencur juga dipercaya bisa menghilangkan pegal-pegal dan linu karena bertotalitas dan dedikasi terlalu keras…

2.
Kunir AsamKalau jamu yang ini, bagus banget diminum kalau kita lagi datang bulan. Bisa melancarkan haid tanpa rasa sakit loh. Terus nih, kalau kita rajin minum jamu ini, badan kita bakalan singset alias langsing, karena efek asemnya dan bebas dari bau badan.  Banyak juga yang bilang, jamu ini bisa bikin tubh dingin, bisa ngilangin panas dalam dan sariawan. Bagus banget dikonsumsi sama cewek-cewek kayak kita.

3.
PahitanRasanya ? sesuai namanya, pahit! Makanya kalau minum jamu ini, biasanya suka dibarengin sama jamu manis alias wedang jahe. Biarpun rasanya nggak enak, tapi manfaatnya dashyat banget loh.

Buat kamu yang punya darah manis dan suka berbekas kalau habis digigit nyamuk, jamu ini bisa bikin kulit kamu kembali halus. Sudah gitu, jamu pahitan juga berkhasiat untuk ngilangin jerawat. Pokoknya yang berhubungan sama kulit deh.

Jamu pahitan juga bagus untuk nambah nafsu makan, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol dan perut kembung, pegal serta pusing. Lengkap kan?? makanya, don’t judge a book by its cover only ya!

4.
Uyup-Uyup/GepyokanManfaat paling utamanya sih untuk melancarkan asi, tapi jamu ini juga bagus untuk menghilangkan bau badan dan bikin badan dingin.

5.
Cabe PuyangBuat kamu yang suka pegal-pegal, minum deh jamu ini. Dijamin, pegalnya langsung hilang! Soalnya nih jamu memang berkhasiat untuk bikin badan segar lagi, setelah capek kerja seharian. Selain itu, manfaat lainnya adalah untuk menurunkan demam dan keluhan panas dingin. Bisa juga untuk menghilangkan kesemutan.
Sebenarnya sih masih banyak banget jamu yang diracik untuk nyembuhin berbagai penyakit. Kalau mau tahu, buruan datengin kios-kios jamu deket rumah kamu. Dijamin deh, kamu bakal terkaget-kaget melihat banyaknya penyakit yang bisa sembuh gara-gara minum jamu!

Dan, sebenarnya masih banyak lagi macam-macam jamu alami yang khas Indonesia. Perlu banyak tahu tuch, selain sebagai obat alternatif dizaman yang serba instan, juga untuk menjaga kelestarian tanaman jamu Indonesia dan meneruskan budaya leluhur kita tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends