Sabtu, 01 Desember 2012

Menara Jakarta Tak Ada Kabar, Selanjutnya Ini 2 Menara Tertinggi yang Bakal Menjadi Ikon Indonesia

Beberapa waktu lalu, Menara Jakarta digadang bakal menjadi bangunan tertinggi di Indonesia. Namun, entah mengapa sampai sekarang pembangunannya belum ada kejelasan. Harapan, bangsa Indonesia untuk memiliki bangunan yang menjadi ciri khas kedigdayaan negara sepertinya harus rela menelan ludah dulu, sambil melihat ke dunia luar dan mengakui Indonesia semakin tertinggal dari peradaban dunia.
Eits...jangan berkecil hati dulu, karena santer muncul info Indonesia masih memiliki megaproyek yaitu membangun menara tertinggi di Indonesia. Bahkan, salah satu bangunan itu bakal menjadi menara tertinggi dunia. Tetapi, pembangunannya tentu saja masih berada di ibukota negara. Nah, pada penasaran kan? Menara apa saja yang bakal dibangun di Jakarta itu.

1. Pertamina Tower
detikfinance : maket Pertamina Tower
Denger nama Pertamina Tower, kita jadi langsung inget Petronas Tower milik Malaysia. Kenapa? Keduanya memang sama-sama perusahaan energi. Pertamina Tower akan dibangun dikawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, mencakup 80 lantai dengan biaya US$ 850 juta atau kurang lebih Rp 8 triliun.

Pertamina Tower nantinya akan menjadi pusat bisnis, pameran dan lainnya, juga akan mengintegrasikan seluruh anak perusahaan Pertamina yang saat ini tersebar lokasi kantornya. Semula kantor pusat Pertamina berada di kawasan Istana Negara. Karena peraturan kawasan Istana tidak boleh berdiri bangunan untuk bisnis, maka Pertamina pun harus pindah. Sesuai anjuran pak SBY, menara itu harus selesai dalam waktu 18 bulan. Asyiiik, berarti sebentar lagi Indonesia bakal memiliki Ikon baru menggantikan Monas yang udah tua. hehehe...

Terus bagaimana perbandingannya dengan Petronas Tower Malaysia? Ternyata Pertamina harus puas dengan tinggi bangunan hanya 400 m dengan 80 lantai, masih kalah dengan Petronas Tower yang memiliki ketinggian 452 m dengan 88 lantai.

Menara tersebut akan menjadi icon dan representasif PT Pertamina untuk menuju sebagai perusahaan oil company dengan visi World Class Energy Company dan Asia Energy Champion pada 2025. Kita tunggu saja.

2. Signature Tower


Pemilik Artha Graha Network, Tomy Winata, mulai serius menggarap gedung 111 lantai, bernama Signature Tower. Ia menggandeng MGM Hospitality di Las Vegas, Amerika Serikat.
Signature Tower akan dibangun tepat di tengah-tengah Kawasan SCBD, yang dirancang memiliki 111 lantai yang akan berdiri setinggi 638 meter di atas permukaan tanah. Gedung itu diharapkan dapat mulai dibangun pada 2012 dan dapat selesai dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun. Gedung ini akan membutuhkan investasi US$2 miliar atau sekitar Rp18,5 triliun.

Signature Tower dirancang dan dibangun untuk mengantisipasi kebutuhan ruang untuk beraktivitas serta berusaha yang meningkat cepat selaras dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat. Dengan adanya gedung itu, kawasan SCBD diharapkan identik sebagai kawasan pusat bisnis terbaik di Indonesia, sama seperti kawasan Manhattan Amerika yang ditandai dengan Wall Street.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends