Sabtu, 28 Januari 2012

Saat Varises Bikin Bete, Ini Cara Mengatasinya

Penampilan yang sempurna, nyatanya nggak berhenti pada wajah cantik, mulus, kulit terawat dan badan langsing saja. Karena sebetulnya tiap jengkal dari tubuh kita juga perlu diperhatikan, baik kesehatannya maupun keindahannya.
Masalah pada kaki, juga kadang bikin penampilan kita jadi terganggu. Pasti bangga kan punya kaki jenjang?! Tapi gimana kalau sepasang kaki jenjang itu tidak terawat? Bukan karena luka bekas jatuh ataupun bulu-bulu kaki yang tidak di-wax dengan rutin… melainkan karena varises.
Gimana nggak, secara estetika varises sangat mengganggu karena penampilan kaki jadi tidak indah lagi. Hiii...bentuknya bikin ngeri kalau dilihatin, yaitu muncul sekumpulan urat membiru membentuk jaring-jaring di betis, tungkai, paha atau dengkul belakang. Selain itu, varises bisa menimbulkan rasa pegal, terutama pada malam hari. Rasa pegal itu akan timbul setelah berjalan lama.
Varises adalah pembesaran pembuluh balik (vena) akibat kelainan katup dalam pembuluh vena. Pembuluh vena ini merupakan salurah darah dari anggota tubuh bagian bawah untuk kembali ke jantung. Eit, varises bukan cuma diderita para orangtua atau wanita yang sudah melahirkan saja, loh? Bisa terjadi juga pada remaja. Kemunculan varises berupa urat berwarna kebiruan memang mengganggu keindahan kaki. Malah kalau sudah parah, bayangan urat kebiruan itu muncul dalam bentuk tonjolan yang tampak sangat jelas. Kalau sudah begini, pasti nggak pede kan pakai hot pants atau mini skirt? Nah, sebelum rasa pede kita untuk mengenakannya hilang karena varises, kita coba yuk beberapa cara berikut. Semoga bermanfaat…
 
- Kacang Hijau
Varises bisa diminimalisir dengan racikan tradisional dari kacang hijau. Caranya, rebus segenggam kacang hijau dengan dua gelas air. Biarkan sampai airnya susut sebanyak satu gelas. Minum rebusan ini dua kali sehari, pagi dan menjelang tidur.

- 10 Menit Angkat Kaki
Penderita varises atau memiliki bakat varises, biasakan mengangkat kaki serta menempatkannya di tempat yang lebih tinggi dari kepala, selama 10 menit.

- Rendam Air Hangat
Setelah melakukan aktivitas, ada baiknya merendam kaki dengan air hangat yang sudah diberi produk yang mengandung rosemary, supaya peredaran darah lancar dan kaki menjadi lebih rileks.

Atau dengan cara medis ;


- Penyuntikan
Tapi, hal ini hanya boleh dilakukan oleh dokter atau ahli keacntikan loh, ya. Ada obat kesehatan tertentu yang bisa disuntikkan ke pembuluh darah sehingga varises tadi hilang atau mengecil.
- Laser
Ada beberapa klinik kesehatan terpercaya yang sudah melakukan laser long pulsed pada penderita varises. Gunanya, untuk mematikan pembuluh darah yang masih berwarna kemerahan. Dengan perawatan yang berulang, cara ini sangat membantu mengembalikan keindahan kaki atau pun paha pada penderita.
- Operasi
Beberapa dokter kecantikan juga menyarankan cara lain untuk menghilangkan varises yaitu melalui operasi yang dilakukan dengan mengangkat pembuluh darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friends